FITK IAIN Walisongo Tandatangani MoU 60 Sekolah

Semarang – Hubungan kerjasama Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Walisongo dengan sekolah ibarat ikatan keluarga yang tidak bisa dipisahkan. Kampus berperan sebagai perguruan tinggi yang mengembangkan keilmuan sekaligus pencetak tenaga pendidik dan kependidikan. Sedangkan sekolah menjadi lembaga pengguna produk dari perguruan tinggi sekaligus melaksanakan kebijakan pemerintah. Untuk itu, perlu kiranya ikatan persaudaraan itu ditegaskan dengan pendatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
Demikian ditegaskan Dekan FITK Dr H Suja’i MAg dalam pembukaan Lokakarya Pengembangan Kerjasama FITK dengan Sekolah/Madrasah Mitra di Hotel Semesta Semarang pada Selasa (29/4). Hadir dalam pembukaan tersebut Drs H Shodiq Abdullah MAg Wakil Dekan Bidang Akademik, Drs H Abdul Wahid MAg Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan, H Ridwan MAg Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Drs Achmad Hasymi Hashona MA Kepala Laboratorium Pendidikan FITK dan Alis Asikin MA Ketua Program Kualifikasi S1 Guru RA/Madrasah.
Kerjasama yang terjalin antara FITK dengan sekolah di Kota Semarang dan Kabupaten Kendal memang sudah sejak lama. Terutama dalam hal penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Setiap akhir semester pihak FITK selalu menerjunkan PPL ke sekolah mitra di bawah naungan Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan. “Rasanya kurang lengkap jika kami hanya sekedar melibatkan dalam PPL, maka silaturrahmi dalam forum lokakarya semacam ini sangat penting agar lebih tajam kerjasamanya” tegas Suja’i yang juga Ketua LPTK Rayon 206 IAIN Walisongo.
Dekan berharap ke depan kerjasama FITK dengan sekolah semakin erat dengan pelibatan seluruh kegiatan kefakultasan. Dalam waktu dekat misalnya FITK akan mengajak guru madrasah ibtidaiyyah Kota Semarang untuk dilatih penelitian tindakan kelas (PTK). “Guru-guru juga dapat diajak untuk menyambut sosialisasi kurikulum 2013 dengan bekerjasama dengan FITK” tambah pria asal Pati ini. Selain program regular, FITK juga membuka jalur profesi guru lewat PLPG dan PPG. “PPG LPTK Rayon 206 IAIN Walisongo sebagai pelayanan kepada guru agar kualitas guru sebagai profesi semakin mantap” tegas Suja’i.
Dalam kesempatan ini ditandatangani 60 MoU antara FITK IAIN dengan sekolah yang terdiri dari SMK 4, SMA 13, MA 5, SMP 10, MTs 9, SD Islam 6 dan MI 13. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Drs H Taufiq Rahman SH MHum turut hadir menyaksikan penandatangan MoU tersebut. MoU berisi kerjasama PPL dan kegiatan pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.